You Are Here: Home » Perseroan terbatas » PENDIRIAN PERUSAHAAN PENANAMAN MODAL ASING (PMA)

PENDIRIAN PERUSAHAAN PENANAMAN MODAL ASING (PMA)

flags.jpgDalam mendirikan suatu Perseroan Terbatas (PT)
disyaratkan bahwa seluruh pemegang sahamnya adalah Warga negara Indonesia . Dalam hal terdapat unsur asing baik sebagian ataupun seluruhnya, maka PT tersebut harus berbentu PT. PMA (Penanaman Modal Asing). Suatu PT biasa yang dalam perkembangannya memasukkan pemodal baru yang berstatus asing (baik itu perorangan maupun badan hukum) maka PT tersebut harus merubah statusnya menjadi PT. PMA.

Secara umum, syarat-syarat dan tahapan-tahapan untuk mendirikan PT. PMA adalah sebagai berikut:

A. Pengajuan Ijin Sementara untuk pendirian PT. PMA melalui BPKM

1. Identitas perusahaan yang akan didirikan, yang meliputi:
a. Nama Perusahaan
b. Kota sebagai tempat domisili usaha
c. Jumlah Modal
d. Nama pemegang saham dan presentase modal
e. Susunan Direksi dan Komisaris

2. Pengajuan permohonan tersebut harus mengisi surat permohonan (INVESTMENT APPLICATION UNDER THE FOREIGN INVESTMENT LAW – terlampir) dengan melampirkan dokumen2 sebagai berikut:

1. Pendiri (Pemegang Saham) asing
a. Anggaran dasar Perusahaan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris     berikut seluruh perubahan-perubahannya, pengesahannya ataupun     pelaporan/pemberitahuannya atau
b. Copy passport yang masih berlaku dari pemegang saham individual

2. Dari Perusahaan PMA
a. Anggaran dasar Perusahaan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris     berikut seluruh perubahan-perubahannya, pengesahannya ataupun     pelaporan/pemberitahuannya
b. NPWP Perusahaan

3. Pendiri (Pemegang Saham) Indonesia
a. Anggaran dasar Perusahaan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris     berikut seluruh perubahan-perubahannya, pengesahannya ataupun     pelaporan/pemberitahuannya atau KTP untuk individual
b. NPWP pribadi

4. a. Flowchart proses produksi dan bahan baku (raw materials) yang dibutuhkan         untuk proses industri tersebut
b. Descripsi/explanation untuk proses kelangsungan bisnis

5. Asli surat kuasa (dalam hal pendiri diwakili oleh orang/pihak lain)

6. a. Kelengkapan data lain yang dibutuhkan oleh Departemen terkait (bila ada)         dan dinyatakan dalam “Technical guidance’s book on investment         implementation”.
b. Untuk sector tertentu, contohnya sector pertambangan yang melakukan         kegiatan ekstraksi, sektor energi, perkebunan kelapa sawit dan perikanan,         membutuhkan Surat Rekomendasi dari Departemen teknis terkait.

7. Dalam sektor bisnis yang diperlukan dalam hal kerja sama
a. Perjanjian kerja sama (bisa berupa Joint Venture, Joint Operation, MOU, dll)     antara pengusaha kecil dan pengusaha menengah/besar yang menyebutkan     pihak-pihaknya, system kerjasamanya, hak dan kewajibannya.
b. Surat Pernyataan dari perusahaan kecil yang memenuhi criteria sebagai     Perusahaan Kecil berdasarkan Peraturan No. 9/1995.

Catatan: untuk persyaratan No. 6 poin a dan b akan dikoordinasikan oleh BKPM dengan institusi/Departemen terkait.

Setelah berkas lengkap, ijin baru dapat diproses di BKPM selama jangka waktu + 2 bulan
Ijin BKPM tersebut berlaku sebagaimana halnya Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) pada PT biasa

B. Pembuatan akan Pendirian PT. PMA

1.  -Setelah Ijin dari BKPM keluar, maka dapat mulai untuk proses pendirian PT.      PMA (dengan catatan, nama PT. sudah bisa digunakan/memperoleh      persetujuan Menteri).
2. Salinan Akta akan selesai dalam jangka waktu maksimal 2 minggu kerja sejak      penanda-tanganan akta.
3. Pengurusan Domisili dan NPWP atas nama PT. yang bersangkutan
NPWP yang dibuat untuk PT. PMA harus NPWP khusus PT. PMA
Waktunya + 12 hari kerja.
Catatan: Pada saat ini bisa sekalian mengurus Surat PKP (Pengusaha Kena     Pajak) pada KPP khusus PMA tersebut. dan nantinya akan dilakukan survey/     tinjau lokasi perusahaan.
Waktunya + 12 hari kerja, karena ada survei dari Kantor Pajak setempat lokasi     usaha.

4. Pembukaan rekening atas nama Perseroan dan menyetorkan modal saham     dalam bentuk uang tunai ke kas Perseroan. Bukti setornya diserahkan kepada     Notaris untuk kelengkapan permohonan pengesahan pada Departemen     Kehakiman RI .

5. Pengajuan pengesahan ke Depkeh, Waktunya + 1,5 bulan.

6. Setelah keluar pengesahan dari Departemen Kehakiman, dapat diurus Tanda     Daftar Perusahaan (TDP) dan Wajib Daftar perusahaan (WDP) nya. Waktunya     +  2 minggu.

7.  Setelah semua selesai, tinggal pengurusan Berita Negara nya. Waktunya + 3      bulan

Setelah semua prosedur dilewati, maka harus dilanjutkan dengan jenis usahanya. Apabila merupakan industri, maka harus diurus Ijin Lokasi, Undang-Undang gangguan (HO) nya, Surat Ijin Usaha Industri.

Dalam hal perusahaan tersebut akan memasukkan mesin-mesin pabrik, karena berstatus PT PMA, maka ada subsidi atau keringanan pajak
bea masuk atas mesin-mesin tersebut. Namun untuk itu, PT tersebut harus mengurus Ijin lagi di BKPM,
yaitu: Masterlist dan APIS. Setelah itu, pada saat mesin akan masuk, ybs harus mengurus surat bebas bea
masuknya pada KPP PT PMA,  yang disebut: “SKBPPN” dan dilanjutkan dengan
ijin dari Bea cukai berupa Surat Registrasi Produsen (SRP) atau Surat Registrasi Importir (SRI). Mengenai ijin2 tersebut, akan saya bahas lagi secara tersendiri.

Setelah perusahaan berjalan beberapa waktu, maka akan dilanjutkan dengan pengurusan Ijin Usaha Tetap (IUT) pada BKPM.

******

About The Author

Number of Entries : 234

Comments (71)

  • Feira

    Sitenya bagus sekali. Akan lebih menarik lagi seandainya ada links ke beberapa legal websites yang ada di Indonesia misalnya BPN, BKPM, dll. Mungkin bisa ditempatkan di bawah Subsection ‘Teman’.

    Salam,
    Feira

    JAWAB:
    terima kasih banyak atas compliment dan sarannya yang sangat berharga. Kami sedang berusaha untuk melengkapi situs ini sesuai dengan kebutuhan pembaca. Insya Allah akan segera kami lengkapi sesuai saran anda.

  • yudha

    salam hangat..
    tolong aku dibantu mencari investor untuk mendirikan PT bidang fast food.
    terima-kasih.
    sukses..

  • cintya

    bu, sebenarnya akta notaris dapat berlaku di luar negeri atau tidak? misalnya akta perjanjian perdagangan antara WNI dg WNA dibuat di notaris indonesia. ketika terjadi sengketa dapatkah akta itu dijadikan bukti di pengadilan luar negeri?
    terima kasih

    JAWAB:
    Dapat mbak, karena akta notaris merupakan akta otentik, yang merupakan bukti yang sah dan harus selalu dianggap benar kecuali dapat dibuktikan sebaliknya

  • Edyasa

    Seandainya PT. PMDN yg sedang berjalan akan menambah pemegang saham asing, utk menjadi PT.PMA apa yang harus saya lakukan ? Terima kasih.

    JAWAB:
    Jika ada pemodal asing masuk, yang harus diurus pertama kali adalah persetujuan dari BKPM dan setelah ada, dilakukan RUPS untuk perubahan status PT dari PT PMDN menjadi PT PMA (NPWP nya juga berubah menjadi NPWP PMA) pak. Salam,

  • jane

    Bu,
    apakah benar bahwa PT tidak boleh didirikan oleh WNA? bukankah dalam pasal 7 ayat 1 uuno 40 tahun 2007 disebutkan bahwa PT boleh didirikan oleh warga negara/badan hukum Indonesia/asing?

    JAWAB:
    Tentu saja WNA dan BHA boleh mendirikan PT, tapi PT yang didirikan harus berbentuk PT.PMA selain tunduk pada UU No.40/2007 juga tunduk pada UU No.25/2007 tentang penanaman Modal (lihat di section down load).

  • eldhy

    bu, boleh tidak kalau bidang usaha PT. PMA lebih dari satu, misalnya selain bergerak dibidang pertambangan, juga bergerak dalam bidang property ataupun bidang agricultural.
    Trims bu.

    JAWAB:
    Pak, PT.PMA harus bergerak sesuai dengan ijin BKPM. Jadi, maksud dan tujuan PT dalam akta harus sesuai dengan SK BKPM nya. tmksh

  • Jodie

    Bu saya mau tanya, apakah ada diskriminasi antara pengusaha dan individu warganegara indonesia dalam negeri dalam hak atas tanah berkaitan dengan UU no. 25/2007 ? terimakasih.

    JAWAB:
    Pak Jodie, maaf saya kurang paham maksud anda. Tapi secara umum, untuk penanaman modal dibatasi dengan berbagai persyaratan yang ketat, antara lain harus memberikan keuntungan kepada Indonesia. Pengusaha Penanam modal (baik asing maupun PMDN) memang dapat mengajukan hak atas tanah yang cukup luas dengan jangka waktu tertentu yang lebih lama dengan mengajukan permohonan khusus. salam,

  • Donny

    Bu, apakah dengan adanya ketentuan baru UU no 25/2007, apakah pemerintah serta merta menyelesaikan sengketa penanaman modal ke Arbitrase ICSID?

    JAWAB:
    Tidak pak. Berdasarkan pasal 32, pertama2 secara musyawarah, lalu bisa memilih arbitrase atau pengadilan. Bisa ICSID, atau BANI atau badan arbitrase lain.

  • syarizal

    Bu Irma,
    saya dengan beberapa teman berencana mendirikan badan usaha. bergerak di bidang aksesoris konstruksi. sekarang ada pihak asing asing yang berminat investasi. mereka menwarkan modal 50%.
    pertanyaan saya, apakah untuk usaha ini harus berbentuk PT? jika dengan CV apakah tidak bisa? kemudian, apakah ada aturan tertentu yang mengatur tentang pembagian jumlah modal antara pendiri usaha?
    terimaka kasih banyak Bu

    JAWAB:
    Pak, kalau ada pemodal asing dan mereka ingin namanya terdaftar dalam PT. maka harus membuat PT, dengan bentuk PT. PMA. Kalau CV tidak bisa, kecuali mereka di belakang layar (pakai nama orang pribumi). untuk pembagian modal, sesuai dengan kesepakatan pendiri. salam,

  • syarizal

    terima kasih atas jawaban Ibu Irma.
    kalau sama Ibu ada contoh akta pendirian PT.PMA, boleh tidak saya minta?
    (asumsi saya, akta pendirian PT berbeda dengan PT.PMA)

    terima kasih sekali lagi:)

  • Irma Devita

    Pak, untuk semua akta PT, sebenarnya “patron”nya adalah akta PT biasa (seperti contoh dalam blog ini). Tapi ada bagian2 tertentu yang mengacu pada WNI dan BHI diganti menjadi WNI,WNA, BHI, BHA. Kemudian pada premisse (pembuka) disebutkan mengenai dasarnya adalah UU tentang PMA. sukses selalu ya pak…

  • Gilbert

    belakangan ini pengurusan PT PMA, kayaknya dipersulit atau gimana ya bu..
    Terus katanya sistemnya mau dibuat online semua jadi kita bisa cek status pengajuaan SIUP kita atau begitu deh (krg jelas juga), Ibu bisa kasih dikit penjelasan gak, terus klo bisa tolong dong url yg bisa ke akses tsb tadi diatas. soalnya PT kita gak bisa jalan sepenuhnya gara2 SIUP yg belum selesai tsb.
    Mohon maaf klo kepenjangan, terima kasih banyak sebelumnya.

    JAWAB:
    Sebenarnya tidak sulit pak, cuma memang lebih lama dan harus memiliki pengetahuan yang pasti tentang berkas2 yang idperlukan atau format2 yang harus dilengkapi. Untuk PMA, SK BKPM berlaku sebagai SIUP nya. Sayang sepanjang saya tahu, untuk SK BKPM informasi mereka belum bisa di akses secara on line. Salam,

  • yani

    Dear Bu Irma,
    Apabila ingin melakukan peningkatan modal di PT. PMA, apakah mengajukan permohonan ke BKPM terlebih dahulu atau RUPS dulu? untuk mengajukan permohonan ke BKPM yang dipakai formulir model yang mana ya bu? Saya sudah lihat-lihat di websitenya tapi tidak ada yang cocok.

    JAWAB:
    Bisa dilaksanakan RUPS, kemudian diajukan ke BKPM. namun peningkatan modal baru berlaku setelah peningkatan modal tersebut mendapat persetujuan dari BKPM. Form bisa di lihat di buku petunjuk investasi yang dikeluarkan oleh BKPM. salam

  • alfani

    bagaimana cara mendirikan usaha joint venture?
    bisa dijelaskan tahap-tahapnya?
    apakah sama dengan cara mendirikan PT.?

    JAWAB:
    Joint venture adalah bentuk kerja sama antara pihak asing dengan pihak indonesia. JV juga merupakan tahap awal sebelum pembentukan PT. PMA. lihat artikel saya tentang PT. PMA ya… salam,

  • Sherlie

    Wah..Bu..Webnya bermanfaat sekali.. Saya gak sengaja nemu web ibu ini setelah browsing di internet. Kebetulan bos bule saya suka bingung masalah PMA. Keep up the good work. Kapan2 boleh konsul ya bu.. Thanks..

    JAWAB:
    terima kasih atas apresiasinya ya mbak.. salam,

  • Adhie

    Wah bagus bgt bu web site nya….banyak membantu..

    1. bagaimana cara untuk mendirikan kantor perwakilan NGO di indonesia yah bu?? apakah harus dalam bentuk yayasan?? apakah bisa dalam bentuk Repsesentative office saja?..dan bagaimana cara mendirikan representative office tersebut persyaratan dan tata caranya bagaimana yah bu?..
    2. ada semacam milisnya ga yah bu jadi kita bisa update terus dari milis mengenai pertanyaan2 disini??

    terima kasih
    adhie kuncoro

    Jawab:
    Alhamdulillah, terima kasih atas apresiasinya mas.
    1. Untuk NGO, tergantung mas. Bisa berbentuk representative office, bisa juga membuat LSM sendiri di sini. Karena bentuknya cuma perkumpulan, maka cukup dibuat dengan akta notaris, kemudian dibuatkan ijin domisili dan didaftar pada Departemen terkait.
    2. Saya baru tahap membuat RSS (untuk langganan artikel yang saya tulis). Tapi untuk milis, nanti saya usahakan ya mas.
    sukses terus ya mas…. salam,

  • riri

    ibu saya mau bertanya, pembuatan PT PMA ini kan kmungkinan besar pemegang sahamnya berda di luar negeri. lalu bagaimana proses rupsnya? seperti yang dikatakan dalam UU PT no 40/2007, RUPS kan bisa lewat teleconference, lalu bagaimana akibat hukum dari hasil RUPS tsb?
    apakah setiap kesepakatan yang dihasikan haris dtandatangani?
    apakah digital signature berlaku disini?
    maaf banyak skali pertanyaan..
    trimakasih banyak atas jawabannya..

    JAWAB:
    RUPS dengan cara teleconference memang dibolehkan dalam UUPT, namun mekanismenya belum dijelaskan dalam juklak. Jadi, sebaiknya apabila pemegang saham tsb bisa RUPS dengan 2 cara: 1. memberikan kuasa kpd org lain yang ada di Indonesia untuk mewakili suaranya atau 2. Membuat Keputusan sirkuler berdasarkan pasal 91 UUPT. salam

  • Alan

    trims webnya sangat membantu

    JAWAB;
    terima kasih juga atas apresiasinya. salam,

  • lidiwanto

    bu irma,saya mahasiswa MKn UGM boleh minta contoh akta pemasukan dalam perusahaan/inbreng?saya kesulitan mencari bentuk contoh seperti apa,apa seperti akta jual beli, hibah atau tukar menukar?terima kasih atas tanggapan ibu dan bantuannya.

    JAWAB:
    Akta Inbreng bentuknya seperti AJB dan dikeluarkan dalam bentuk blanko oleh BPN. Mas bisa cari di bpn jogja ya… salam,

  • Eddy

    saya berterimakasih sekali dengan adanya web ini. Bu Irna, kebetulan juga teman bule saya mau membuat perusahaan pembiayaan / Finance, apa memungkinkan dalam bentuk PMA atau mesti PMDN dan saya juga masih bingung ijin apa saja yang diperlukan untuk perusahaan pembiayaan/Finance.

    terimkasih
    Eddy

    JAWAB:
    untuk perusahaan pembiayaan (multifinance) berdasarkan keputusan menteri keuangan harus memiliki modal disetor minimal Rp. 100 Milyar pak.

  • arie yusman

    assalamualaikum wr wb
    dear ibu irma
    apa yang harus saya lakukan jika ada investor ingin menanamkan modsalnya di indonesia dalam bidang agrobisnis penanaman pohon jarak dan beliau membutuhkan lahan kurang lebih 30 hektar untuk di sewa selama 30 tahun ( bisa lebih ), apakah saya harus langsung ke bkpm dan langsung mengisi formulir pma / bagaimana ?
    mohon solusinya ibu…….!
    wassalam

  • budie

    Bu, di dalam persetujuan BKPM disebutkan juga nilai investasi proyek untuk PMA, namun dalam hal investasi sudah selesai dan ternyata dikemudian hari nilai proyek tersebut terapresiasi lebih tinggi dari nilai persetujuan BKPM, apakah hal ini perlu diberitahukan atau diajukan kembali ke BKPM? tks.

  • Ari

    Bu, jangka waktu berdirinya perusahaan PMA sesuai dengan aturan yang terbaru, sampai berapa lama untuk satu periode?
    Terima kasih sebelumnya jika pertanyaan saya dijawab….

  • Garuda

    maaf Bu.., apakah investasi usaha produksi yang profit oriented dan padat karya, dgn invest skitar Rp.10-15M (dibagi dlm bbrp unit usaha)

    tlg bls scepatnya ya Bu..

  • thomas hidayat k

    mohon penjelasan
    1. untuk PMA tidak perlu ngurus lagi SIUP ? ijin BKPM sudah otomatsi sebagai SIUP ?
    2. untuk SITU (Surat Ijin Tempat usaha) perusahaan PMA wajib ada atau perlakuan sama dengan SIUP?
    tks atas bantuannya

    thomas hidayat k
    thidayat_k@yahoo.com

  • Joel

    Ibu, saya mau tanya. Perusahaan kami selama ini beroperasi sebagai PT. biasa (bukan PMA)meskipun kepemilikan modalnya 51% dikuasai perusahaan dari singapura, sekarang kami rencananya mau mendaftar menjadi PMA. apakah ini akam nejadi masalah? apakah kami akan didenda. terimakasih ibu.

  • Rani

    ibu Irma,

    Apabila saya ingin mendirikan kantor PMA yang berkantor pusat diluar negri, apakah sebaiknya saya mendirikan PT PMA atau hanya sebuah kantor cabang?
    Adakah perbedaan dalam mendirikan sebuah PT PMA dengan mendirikan kantor cabang PMA?
    Jika ya, bisakan ibu menjelaskan keuntungan dan kelebihan dari masing2 (membuka PT PMA baru atau mendirikan sebuah kantor cabang)?
    terima kasih sebelumnya.

    JAWAB:
    Bu Rani, untuk kasus ibu, tergantung dari keperluan ibu. Syarat2 dan prosedurnya kurang lebih sama dengan pendirian PT. PMA (juga harus melalui persetujuan BKPM). Untuk untung ruginya perlu penjelasan yang cukup panjang, jadi nanti akan saya bahas dalam artikel tersendiri. Secara garis besarnya, jika cabang, tentu tunduk pada aturan yang di pusat. Tapi jika PT. PMA tersendiri, karena merupakan legal entity tersendiri, bisa “mengatur dirinya sendiri”. semoga sukses bu…

  • gie

    salam kenal Ibu Irma,
    saya peigie, adapun pertanyaan yg ingin saya tanyakan yaitu apakah perseroan pma termasuk dalam program penyesuaian UU PT yang baru? dan bila iya, apa saja yg harus disiapkan dalam penyesuaian persero pma tersebut.

    terimakasih.

  • sugi

    ibu, bgs sekali webnya…sangat membantu..

    ibu, saya ingin tny ttg PT.PMA yg pny kantor baru diseberang kantor pusat, tapi sebenarnya sudah beda kelurahan, kecamatan dan kotamadya (kantor pusat masuk jakpus, kantor pembantu msk jakbar). kita ingin anggap itu sebagai perluasah HO, bkn kantor cabang ataupun kantor pembantu. apa bisa demikian? apa kita perlu urus semua dokumennya lagi (domisili, TDP, SIUP, WDP, laporan ke BKPM, dll). apakah tidak cukup dengan domisili saja, sedangkan dokumen yang lain kita tunjukkan dokumen kantor pusat. maaf pertanyaannya terlalu banyak…

    mohon dijelaskan, terima kasih

  • Sofyan Hadi, S.H

    selamat pagi bu irma,ada yang ingin saya tanyakan. untuk mendirikan perusahaan pma yang harus didahulukan status pma-nya dulu atau dana-nya masuk dulu baru status pma-nya dikukuhkan ? yang mana dulu ya bu….terima kasih sebelumnya

  • lanni

    Bu irma..apakah Notaris berperan dalam perjanjian alih teknologi pada perusahaan PMA (joint venture). Tolong dijelaskan ya bu..Terima Kasih, sukses selalu.

  • the best of muslim

    bu irma, saya seorang mahasiswa saya mau tanya masalah penanaman modal asing diindonesia bagaimana caranya ya ibu, tlg dijelaskan selengkap-lengkapnya dan tlg dikirim keemail saya ya bu,
    terima kasih

  • gokmauli sitanggang

    PROFICIAT IBU IRMA…

    WAUW,
    SAYA BISA BANYAK BELAJAR DARI KOLOM IBU INI…

    DAN KEBETULAN SAYA JUGA SEDANG KERJAKAN PROYEK UNTUK ASING. BOLEH YAH BU SAYA BELAJAR DARI IBU? TERIMA KASIH SEBELUMNYA

    IBU HEBAAAATTTT,
    PEREMPUAN INDONESIA LUAR BIASA, TERMASUK IBU.

    SALAM HORMAT DARI SAYA,
    *ULI

  • ijo

    Bu mau tanya lagi, apakah ada artikel atau buku tentang penanaman modal asing dalam versi inggris.?kalau ada dimana saya harus cari.matur nuwun
    Ijo

  • Iwin

    Bu,

    Bidang usaha apa saja yang terbuka untuk PMA, apakah ada website khusus untuk mengecek hal tsb, bu?
    Apakah satu orang WNA bisa mendirikan beberapa PMA (tp tdk bersamaan ) sepanjang posisinya sama di perusahaan tersebut (sama2 sbg presdir).

    Thanks a millions

  • Yenni

    Apakah lokasi usaha untuk PT.PMA harus ber-IMB kantor atau boleh di mana saja?

  • Yenni

    Ibu, apakah lokasi usaha untuk PT.PMA harus kantor atau boleh dimana saja?

    JAWAB:
    Untuk PMA harus di perkantoran, minimal ruko. Tidak boleh di rumah tinggal

  • Temmarunu

    wow…this website really awesome.
    artikelnya berguna banget lho bu, trimakasih banyak.

  • widya

    Ibu Irma,

    Artikel Ibu semua amat menarik, Bu Irma, bisakah saya meminta contoh perjanjian kontrak pekerjaan dalam bahasa inggris.
    Terima kasih atas bantuannya.

  • Naaman

    Site dan penjelasan ibu Irma Devitaini sangat membantu saya. Penjelasannya jelas, terperinci dan sistematis. Pertahankan dan tingkatkan terus!! Terima kasih.

  • norish

    Ibu Irma,

    Saya baru sahaja pindah kantor dan sy perlu tukar TDP dan SIUP perusahaan PMA, tapi saya di bilang ama notaris bahwa saya harus buat UU 2007, apakah UU 2007 tersebut? tks.

  • NURMIATI

    apakah orang asing bisa mendirikan kantor perdagangan di indo…. apa syarat” dan adakah ketentuan modal yg hrs di miliki..

  • anto

    Ibu Irma, bisa tidak PMA mendirikan PT Lokal? Terimakasih sebelumnya

  • Kemuning

    Ibu Irma, untuk mengurus SIUP dan TDP itu harus ke instansi mana??? berapa lama? dan berapa biayanya? terima kasih.

  • Dewi

    Bu, kalau mau mendirikan perwakilan chain development organization di Indonesia, bagaimana caranya? Badan hukumnya berbentuk apa ya? Bagaimana dgn urusan perijinannya? Apa saja persyaratannya? Terus apa boleh buka cabang di beberapa kotan lainnya di Indonesia?

    Tolong bantu saya ya bu?
    Terima sebelumnya

  • Mery

    Ibu Irma, utk PMA modal setoran minimum berapa yah? setoran modal ini bisa di pake untuk biaya operasional atau beli asset perusahaan?

    Tolong bantu saya bu.

    Terima kasih

  • ezra

    dear Ibu Irma,
    Saya ingin memngucapkan terimakasih sekali atas artikel nya,wawasan saya menjasi brtambah kebetulan saya sekretaris pada sebuah PMA, banyak yg belum saya ketahui mengenai perusahaan PMA,saya tunggu artikel hebat lainnya.

    GBU

  • Gita

    Bu, saya mau tanya ni..
    Kmrn ada org depnaker datang ke kantor, beliau mengatakan bahwa orang asing tidak boleh menjabat sebagai presdir, apakah itu benar, berhubung kantor saya adalah PMA?
    Apakah ada undang2 yg mengatur hal tersebut?
    Thanks.

  • Ririn

    Bu, dimana saya bisa nge-check apakah suatu PMA terdaftar atau tidak?

    terima kasih.

  • Grace

    What a site! Great!

  • vina

    Ibu Irma,

    Terima kasih atas artikelnya yang bagus sekali and sangat informatif.

    saya ingin bertanya, saya bekerja di sebuah perusahaan baru yang merupakan representative office dari overseas company. kantor ini hanya sebagai buying office saja, dan sudah memiliki SIUP, NPWP, dan TDP Pertanyaan saya, dokumen2 apa lagi yang harus saya urus agar perusahaan ini bisa menjadi legal representative office?

    beberapa hari lalu saya ingin membuka rekening bank untuk perusahaan, tapi syaratnya terbentur dengan akte pendirian. apakah akte tersebut memang harus dibuat jika perusahaan ini bukan merupakan perseroan terbatas? atau akte pendirian juga diperlukan untuk sebuah rep office?

    Terima kasih sebelumnya.

    Regards,
    Vina

  • Rieni

    Mohon bantuan untuk contoh akta PT. PMA sesuai dgn UU No.40 2007 (English Version) Terima Kasih…

  • Lestari

    Ibu Irma,

    Tulisan ibu sangat bagus, berisi dan membantu sekali.

    Perusahaan tempat saya bekerja (pertambangan) berencana untuk convert ke PMA, kira kira berapa biaya yg akan dikeluarkan untuk mengurus proses seperti yang ibu jelaskan diatas? karena saat ini saya sedang mencari notaris utk mengurusi hal tersebut, tetapi ingin mengetahui berapa budget yg akan di keluarkan. demikian terima kasih sebelumnya atas jawaban yg diberikan

    salam,
    Lestari

  • yayan gustiawan

    bu irma yth.

    bisa kah ibu memberikan saya KBLI 2005 bkpm, khususnya mengenai jasa telekomunikasi.

    thanks.

  • Sarmili Hakim

    Ibu Irma Yth;

    Mohon dapat diberikan penjelasan mengenai keuntungan, kerugian dan kelebihan dari Perseroan Teratas : PT Biasa, PT, PMA dan PT PMDN serta konsekuensi Pajaknya.
    Terima kasih
    Sarmili

  • Sarmili Hakim

    Yth Ibu Irma

    Terima kasih telah menyediakan situs ini, dan ini sangat membantu bagi praktisi hukum baik pemula.

    Terima kasih
    Sarmili Hakim

  • ash

    selamat pagi ibu,
    saya mohon pencerahannya.
    Saya mau bertanya mengenai jual beli saham PT PMA, setau saya harus izin BKPM terlebih dahulu, dengan melampirkan risalah rapat. Setelah izin keluar, baru membuat jual beli saham. Misalnya risalah rapat untuk mendapatkan izin BKPM tgl x 2005, izin keluar tagl x 2006. Untuk membuat akta jual beli saham, dokumen yang diserahkan apakah risalah rapat tgl x 2005, atau perlu membuat risalah rapat lagi(RUPS lagi). Terima kasih Bu Irma

  • richard

    saya ingin tanya,..jika dokumen telah diserahkan ke kehakiman kira2 berapa lama lagi perusahaan itu bisa ,ulai beroperasi??
    mohon kiranya dijawab. Terima kasih bu,..

  • Nasdion Chalidi,SH,M.Kn

    saya ingin tanya, apakah Perusahaan yg berstatus PMA, BISA MENJADI PEMEGANG SAHAM DI PERUSAHAAN BIASA (PERSEROAN TERBATAS )
    TERIMA KASIH
    WASSALAM
    NASDION

    JAWAB:
    salam kenal ya pak,
    Kalau dulu, memang ada pilihan 2 pilihan untuk PT indonesia yang menerima PT PMA sebagai pemegang sahamnya. yaitu: Bisa tetap PT Indonesia, atau berubah menjadi PMA. Saya lupa tepatnya kapan, hal itu sudah tidak bisa lagi. Intinya, sepanjang yang saya tau, sekarang PT tersebut harus berubah menjadi PMA. Wassalam, :)

  • chelsy

    bu saya mau tanya,
    Jika ada suatu perusahaan yg merupakan PMDN yg dimana suatu saat saham nya dijual 15% di Bursa Efek Indonesia, yg kemudian saham 15% tersebut dibeli oleh pihak asinG dari perancis. apakah pt yang pmdn tuch berubah status menjadi PMA??
    Jika ya dasar hukmnya itu apa ya?
    terimakasih banyak bu..
    GBU

  • getri

    bu mohon batuan ibu
    mengenai dasar hukum presentase kepemilikan saham untuk bidang usaha perminyakan..

    tolong kirimkan peraturannya ya bu… saya mau print…

    terima kasih atas bantuan ibu

    getri

  • den

    yth bpk/ibu di tempat,
    saya berskolah dan skrg bekerja di eropa (dan bukan WNI lagi). saya hendak mendirikan PMA, dan ada jasa untuk membuatnya, tdk terlalu mahal, g menjadi masalah, apakah diperlukan modal yang besar? karena untuk ruang sendiri saya bisa memakai gedung family saya. terima kasih atas perhatiannya

  • Ferry

    Dear Bu Irma,

    Kami sudah punya surat pengesahan PMA, lalu kami pindah lokasi baru yg masih 1 daerah. Bagaimana prosedur pengurusannya ya Bu?
    Kami juga punya API-P tetapi oleh Desperindag diberitahu kalau sudah PMA seharusnya sudah dan memakai API-T bukan yang P, bagaimana yang seharusnya ya Bu?

    Regards
    Ferry

  • elvina

    Assalamualaikum..

    Buk…!!!

    saya mohon bantuan ibuk, jika nama PT tersebut ada nama khusus TEKNIK, maksud tujuannya dan kegiatan-kegiatannya apa, sebab buk sekarang saya lagi mengakses nama PT yang namanya ada kata-kata TEKNIK, tapi saya bingung apa aja yang bisa dimasukkan kegiataan2nya, sebab kamaren klain saya tu menghendaki bergerak di bidang kelistrikan, saya takut nanti bidang kelistrikan tidak diterima oleh Defkum ham..atas bantuan ibuk saya ucapkan terima kasih.

    wassalam

  • chosa

    selamat sore bu,

    saya perlu informasi mengenai PT.PMA,
    share minimal untuk modal usaha antara PMA dan lokal bagaimana bu?
    apakah bisa modal 100% dari luar, hanya pekerja nya saja lokal?

    apakah ada syarat khusus untuk perusahaan yang hanya perwakilan dari perusahaan luar(distributor)?

    apakah ada syarat khusus buat perusaaan manufacturing tools ( obeng, sekrup,dll)?

    terima kasih bu atas informasinya.

  • fajar

    saya mau tanya:
    1. bagaimana prosedur penarikan deviden bagi penanam modal asing?
    2. bagaimana prosedur penanaman saham bagi warga asing di pma?
    thx

  • mega

    selamat malam,

    saya mau tanya informasi :
    1. berapakah modal yang di perlukan untuk penanaman modal asing (minimal)?
    2. persyaratan (secara legal) apa saja yg diperlukan bagi WNA utk bisnis joint venture ?

    tku

  • erwin

    Ibu yang baik, saya mau tanya.

    1. Apakah status PT X (PT biasa) akan berubah statusnya menjadi PT PMA jika sebagian saham PT X dibeli dan dikuasai oleh asing?

    2. Jika PT X berubah status dari PT biasa menjadi PT PMA (setelah sebagian sahamnya dikuasai asing), maka apakah PT Y yang merupakan anak perusahaan PT X secara otomatis ikut berubah status juga menjadi PT PMA? Bagaimana pula dengan cucu usaha dari PT Y?

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas pencerahannya.

    Erwin

  • SALIMUN

    KAMI BUTUH BANTUAN UNTUK MENCARI MODAL,SEHUBUNGAN DENGAN AKAN DI DIRIKANNYA PABRIK PUPUK ORGANIK DENGAN BAHAN KOTORAN HEWAN YG SELAMA INI BELUM BISA BERPRODUKSI KARENA BLUM TERSEDIA MESIN PENGOLAH BAHAN SETENGAH JADI(SERBUK DGN KADAR AIR 35%).KAMI MOHON BANTUANNYA KPD PIHAK YG BISA MEMBANTU.TERIMKASIH ATAS PARTISIPASINYA.

  • proses urus cerai biaya pendaftaran gugat cerai

    Its like you learn my thoughts! You appear to understand so
    much about this, like you wrote the guide in it or something.
    I think that you simply can do with a few p.c. to pressure the message home
    a little bit, but other than that, that is fantastic
    blog. A fantastic read. I will definitely be back.

  • dewi

    . Maaf mau tanya Bagaimana prosedur kalau wna ingin buka usaha seperti rumah makan atau sejenisnya yang tidak memerlukan modal banyak. .terimakasih atas masukkan nya.

    Jawab:
    Untuk mendapatkan ijin berusaha di Indonesia bagi WNA memang agak sulit. Kecuali sebagai tenaga ahli atau profesional. Untuk melakukan suatu usaha, modal asing di batasi hanya untuk sektor menengah dan besar. Jadi kalau ingin buat usaha rumah makan misalnya, dimana pemegang sahamnya adalah WNA, maka harus membuat PT PMA. Sukses ya!

Leave a Comment

Powered By Mediatechindo

Scroll to top