Take a fresh look at your lifestyle.

SABH Hari Ini Sudah Mulai Bisa Di Akses

191

Sebagai tindak lanjut dari pemberian bantuan dana dari Ikatan Notaris Indonesia (INI) kepada Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia (Depkumham), maka SABH atau Sistem Administrasi Badan Hukum yang merupakan pengganti dari SISMINBAKUM dan PPBH , terhitung sejak hari ini, Senin tanggal 9 Februari 2009 SABH sudah dapat diakses melalui alamat http://www.sisminbakum.go.id,. Namun demikian, sesuai dengan arahan pada waktu kongres INI ke XX di Surabaya yang lalu, karena server yang disumbangkan masih memiliki kapasitas yang sangat terbatas, maka para notaries diberikan jadwal akses  secara bergantian tergantung pada wilayah kerjanya, .

Pembagiannya jadwal aksesnya adalah sebagai berikut:

1.       Untuk notaries di wilayah Indonesia Bagian Timur (WIT), dapat mengakses sejak jam 09.00 pagi s/d jam 12.00 WIT (jam 07.00 WIB s/d jam 10.00 WIB)

2.       Untuk notaries di wilayah Indonesia Bagian Tengah (WITA), dapat mengakses sejak jam 11.00 s/d jam 14.00 WITA (jam 09.00 WIB s/d jam 12.00 WIB)

3.       Untuk notaries di wilayah Indonesia Bagian Barat (WIB), dapat mengakses sejak jam 13.00 WIB s/d jam 17.00 WIB.

Pihak Depkumham melalui website tersebut serta INI sendiri juga telah mengabarkan mengenai jadwal akses tersebut kepada seluruh notaries, dan meminta agar para notaries dapat tertib mematuhi jadwal-jadwal dimaksud. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kapasitas bandwidth (kemampuan dari server dimaksud) dan keterbatasan infrastruktur yang ada sampai dengan masa kontingensi atau sampai selesainya prosedur pengadaan barang dan jasa atas system administrasi badan hukum dimaksud. Penjadwalan waktu akses tersebut untuk mencegah terjadinya overload pada jalur tersebut. Overload tersebut akan mengakibatkan  terjadinya System Crush dan/atau tidak dapat sama sekali mengakses situs dimaksud.

Walaupun sudah dibagi dalam jadwal2 demikian, namun kami mengalami sendiri bahwa akses tersebut sangat lambat dan harus dilakukan secara berulang-ulang. Bahkan sering tidak bisa masuk (log in) dan berkali2 minta password. Hal ini tentunya mengundang rasa frustasi dari pengakses. Karena, sampai “jatah waktu akses” nya berakhir, kadang belum ada 1 pun PT yang bisa dikerjakan karena gangguan tersebut. Bagaimana pun juga, setidak-tidaknya “better slow than none” atau lebih baik pelan walaupun pelan, daripada tidak ada sama sekali. Semoga semakin hari menjadi semakin tertangani.

Leave A Reply

Your email address will not be published.