Selamat Datang PPBH – Era Baru Sisminbakum

Selamat Datang PPBH – Era Baru Sisminbakum

by / 20 Comments / 1332 View / 14/01/2009

Setelah 10 hari lebih “macet” sejak di segelnya property PT. SRD dan dilanjutkan dengan aksi demo dari karyawan PT SRD yang memutuskan seluruh program Sisminbakum, sehingga selama itu pulalah seluruh proses administrasi Badan Hukum di Depkumham juga menjadi terhenti. Departemen Hukum dan HAM RI sudah mengambil langkah untuk tetap menjalankan system pengadministrasian Badan Hukum dengan mengubah wajah dari Sisminbakum yang telah biasa digunakan selama ini dengan nama Pengadministrasian Pendaftaran Badan Hukum yang disingkat “PPBH”.

Dengan menggunakan alamat akses http://www.sisminbakum.go.id, secara resmi pengadministrasian   badan hukum sudah mulai bisa di akses per hari ini, Rabu tanggal 14 Januari 2009. Depkumham membuat terobosan baru dengan “mengganti” atau lebih tepatnya memperbaharui era lama Sisminbakum yang sudah lewat. Walaupun akses tersebut kadang masih sering tidak dapat digunakan (underconstruction), tapi jika anda beruntung, anda sudah mulai bisa mengecek nama PT dan melakukan proses administrasi PT seperti biasa.

Apa yang berubah? Tidak banyak. Secara proses tetap sama dengan yang lama. Notaris juga tidak perlu merubah password yang sudah diperoleh sebelumnya. Demikian pula istilah-istilah yang digunakan. Hal ini mungkin bertujuan untuk mempermudah para notaris dan karyawannya untuk tetap melaksanakan pendaftaran pendirian dan perubahan PT dengan cara lama yang sudah nyaman digunakan.Hanya saja sekarang sudah dilengkapi dengan Directory Notaris, listing perusahaan, Daftar Organisasi Profesi, Daftar Organisasi Sosial dsb, yang merupakan komitmen Depkumham untuk memberikan informasi yang luas kepada masyarakat sesuai dengan “semangat” dari UU No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas. Hal ini dimungkinkan karena untuk mengakses daftar tersebut tidak diperlukan password tertentu. Artinya, masyarakat yang bukan Notaris pun sekarang sudah mulai bisa memanfaatkan Daftar tersebut untuk kepentingan informasinya.

Selamat kepada Departemen Hukum dan HAM RI yang sudah bisa mengatasi kemelut Sisminbakum. Semoga dengan PPBH komitmen pemerintah untuk melayani masyarakat dan memasuki era keterbukaan bisa semakin mantap.

20 Comment

  1. Ibu Irma Yth.

    Mungkin saya cuma mau kasih tau, bahwa sisminbakum macet lagi.

    kenapa yach…?

    Thanks.

  2. Ibu Irma Yth,
    Sisminbakum macet lg, tlp susah mau ngirim dokumen fisik jd bingung krn takut tdk bs diterima di loket PPBH. Kpn berakhir keadaan spt ini ya ?

  3. emang macet lagi, kemarin saya memasukan dokumen fisik PT. yang telah disetujui oleh menteri, apa daya ditolak mentah-mentah oleh AHU dan AHU tidak bisa memberikan solusinya atas dokumen fisik tsb sampai dengan tgl. yang belum ditentukan,

  4. Iya mas… masih on/off terus memang. Mungkin “underconstruction” 🙂 DI Depkumham sendiri juga belum bisa… jadi mereka cuma terima yang sudah tinggal masukkan berkas atau surat saja.
    Mudah2an bisa segera di atasi.

  5. sisminbakum sejak tanggal 20 januari tidak dapat diakses lagi dan error terus.
    kita coba pagi, siang dan malam tapi tetap gagal saja.

    ada solusi lainnya?

    thank’s

  6. PPBH juga macet bagaimana DEPTKUM????? PELAYANAN PUBLIK JADI TIDAK BERES, BGM????

  7. Setelah sisminbakum.com sudah tidak dapat digunakan lagi, cuma alamat sisminbakum.go.id yang kemudian diaktifkan kembali dan rencananya akan dirubah menjadi ppbh.go.id.

    Tapi sudah sejak dua hari yang lalu situsnya kembali sulit diakses.

    Yang bikin repot; selalu nggak ada kabar, kaya bang Toyib!!

  8. sudah dari 2 hari yang lalu, sisminbakum.go.id tidak bisa di akses.

    mungkin aktivasi nama baru kali? ppbh.go.id.

    tapi yang bikin repot; slalu nggak ada kabar kaya bang Toyib!!! cape deeh… ^^

  9. Bapak2, Ibu2, Mas2 dan Mbak2 sekalian,
    saya dapat informasi bahwa sisminbakum saat ini sedang di sita oleh yang berwajib. Kemudian Depkumham mendapat somasi dari PT. SRD karena mempergunakan asset mereka.

    Mudah2an Depkumham dapat segera me-launching portal sendiri untuk ppbh, terlepas dari aset PT. SRD.

    Demikian sekilas info.

    Thx n BR// Suroyo Tahitian Noni

  10. iya sampai saat ini operasi sisminbakum masih tidak berfungsi. buat saya ini bencana buat dunia usaha, beberapa hari lalu dtg ke depkumham kantornya ditutup. saat ini jika saya ingin mendaftarkan perusahaan/ perubahan akta kemana ya? krn terus terang PT yg saya masukkan terkena expire gara2 kasus ini. cukup sedih kalau melihat ini kasus terkait kasus korupsi. semoga kedepannya depkumham bisa belajar dari kejadian ini.

  11. dah di coba 2 hari ini kenap ya kok blum bisa masuk lagi, padahal kamis 29 Januari bisa akses, ini emang lagi dalam perbaikan pa da cara tertentu untuk bisa masuk ke sisminbakum.go.id, mungkin da info biar kami ga bingung, ni mo akses bua PT, makacih…

  12. gimana AKSES SISMINBAKUM TIDAK BISA DIGUNAKAN LAGI…..!
    PT SAYA SUDAH TINGGAL NUNGGU CETAK SK DARI DESEMBER SAMPAI SEKARANG BELUM DIKIRIM!
    PADAHAL SAYA JUGA DIKEJAR2 SAMA KLIEN

  13. sampai kapan ya bu, Sisminbakum bisa benar-benar FIX ?? ustru tambah runyam…

  14. kenapa sich…??sisminbakum kali ini susah amat untuk diakses????…

  15. atau ada alamat email yang baru ga…

  16. Salam kenal Mbak.
    Tulisan2 Anda mengundang saya untuk komentar.
    Semoga sistem yang baru itu bisa lebih baik dari
    Sisminbakum.

  17. Aduuuh bagaimana ini saya di complain client
    bagaimana kita cari solusinya
    SISMINBAKUM ?
    Apa perlu kembali Manual ? Kok mundur ya?

  18. bapak, ibu, mas, mba, om, tante yang kantornya katanya di DepKumHam, terutama AHU…….mohon informasi, untuk pelayanan sisminbakum pakai akses apa?????????????????ga jelas nih petunjuknya, kalo ga bisa menanganinya mendingan mundur deh…………

  19. salam kenal mbak Irma,
    sejak adanya pemberitahuan dari ketua tim restrukturisasi sisminbakum tanggal 2 februari kemaren, apa sudah ada info kira2 kapan kita bisa akses kembali? kalo proses pengadaan barang dan jasanya ga jelas akan terealisasi kapan berarti kita juga harus menunggu dalam ketidak pastian nih….?

    Jawab:
    Halo juga mbak. Salam kenal. Kabarnya sih 2-3 minggu sejak tanggal 3 tersebut mbak. Mudah2an tidak mundur lagi.. kalau tidak kita pusing juga ya menjelaskan ke klien.. 🙂

  20. kenapa hari mau buka situs sisminbakum kok susah banget….pake http://www.ppbh.go.id juga tidak bisa…. padahal urgent banget.

    tolong yang bekerja DEPHUK HAMRI bisa mengatasi secepatnya

Your Commment

Email (will not be published)