Take a fresh look at your lifestyle.

Selamat Datang PPBH – Era Baru Sisminbakum

64

Setelah 10 hari lebih “macet” sejak di segelnya property PT. SRD dan dilanjutkan dengan aksi demo dari karyawan PT SRD yang memutuskan seluruh program Sisminbakum, sehingga selama itu pulalah seluruh proses administrasi Badan Hukum di Depkumham juga menjadi terhenti. Departemen Hukum dan HAM RI sudah mengambil langkah untuk tetap menjalankan system pengadministrasian Badan Hukum dengan mengubah wajah dari Sisminbakum yang telah biasa digunakan selama ini dengan nama Pengadministrasian Pendaftaran Badan Hukum yang disingkat “PPBH”.

Dengan menggunakan alamat akses http://www.sisminbakum.go.id, secara resmi pengadministrasian   badan hukum sudah mulai bisa di akses per hari ini, Rabu tanggal 14 Januari 2009. Depkumham membuat terobosan baru dengan “mengganti” atau lebih tepatnya memperbaharui era lama Sisminbakum yang sudah lewat. Walaupun akses tersebut kadang masih sering tidak dapat digunakan (underconstruction), tapi jika anda beruntung, anda sudah mulai bisa mengecek nama PT dan melakukan proses administrasi PT seperti biasa.

Apa yang berubah? Tidak banyak. Secara proses tetap sama dengan yang lama. Notaris juga tidak perlu merubah password yang sudah diperoleh sebelumnya. Demikian pula istilah-istilah yang digunakan. Hal ini mungkin bertujuan untuk mempermudah para notaris dan karyawannya untuk tetap melaksanakan pendaftaran pendirian dan perubahan PT dengan cara lama yang sudah nyaman digunakan.Hanya saja sekarang sudah dilengkapi dengan Directory Notaris, listing perusahaan, Daftar Organisasi Profesi, Daftar Organisasi Sosial dsb, yang merupakan komitmen Depkumham untuk memberikan informasi yang luas kepada masyarakat sesuai dengan “semangat” dari UU No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas. Hal ini dimungkinkan karena untuk mengakses daftar tersebut tidak diperlukan password tertentu. Artinya, masyarakat yang bukan Notaris pun sekarang sudah mulai bisa memanfaatkan Daftar tersebut untuk kepentingan informasinya.

Selamat kepada Departemen Hukum dan HAM RI yang sudah bisa mengatasi kemelut Sisminbakum. Semoga dengan PPBH komitmen pemerintah untuk melayani masyarakat dan memasuki era keterbukaan bisa semakin mantap.

Leave A Reply

Your email address will not be published.