Irma Devita Purnamasari,S.H., M.KN.


Selama belasan tahun bekecimpung sebagai praktisi hukum, Penulis memiliki pengalaman mendalam sejak usia muda. Selain sebagai praktisi, Alumni dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Program Spesialis Kenotariatan serta Magister Kenotariatan juga dari Universitas yang sama, selama delapan tahun terakhir ini juga aktif selaku pembicara, instruktur/trainer, dan pengajar lepas di berbagai instansi pemerintahan, lembaga kursus profesi, organisasi swasta asing dan nasional, perbankan nasional, lembaga pembiayaan syariah, dan sebagainya.


Tulisan-tulisan Irma dikelompokkan dalam beberapa buku yang sengaja dibuat secara berseri untuk memudahkan peminatnya langsung tertuju pada topik yang dibutuhkan.



Apresiasi buku


"Bicara waris masih sering dianggap tabu dalam masyarakat Indonesia. Padahal selagi sehat dan waras kita perlu berdiskusi tentang harta dan utang kita agar ada yang mengurusinya. Urusan waris tidak selalu dari orang tua kepada kita. Bisa juga dari kita kepada ahli waris kita. Nah buku ini akan membantu Anda mengerti lebih banyak tentang konsekuensi keuangan yang terjadi sebagai akibat ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia. Jangan anggap remeh, jangan biarkan orang yang berhak kehilangan hak hanya karena kita tidak punya pengetahuan hukum & finansial yang memadai. Selamat membaca"


Ligwina Hananto - perencana keuangan independen
CEO QM Financia


"Buku Rekan Irma Devita ini sangat pantas untuk menjadi buku pegangan para praktisi hukum, maupun buku yang sangat berguna untuk dibaca oleh semua pembaca awam dalam memahami Hukum Waris yang berlaku di Indonesia, karena pewarisan adalah permasalahan hukum yang sehari-hari akan terus dihadapi oleh kita semua. Secara lengkap dan sangat mudah dipahami, diuraikan tentang hak dan kewajiban setiap orang dalam membuat wasiat berikut keabsahannya, siapa saja yang berhak atas wasiat dan siapa saja para Ahli Waris penerima hak dan kewajiban dari Pewaris maupun permasalahan-permasalahan mendasar dan aktual lainnya dari suatu pewarisan. Apresiasi yang sangat tinggi kepada Rekan Irma Devita atas bukunya ini patut diberikan".


Tb. A. Adhi R. Faiz, SH., MH., Advokat di Jakarta,
mantan Senior Vice President/Kepala Divisi Hukum-Litigasi pada Badan Penyehatan Perbankan Nasional


"Problematika hukum yang terjadi dalam perkawinan campuran tidak hanya terkait seputar kewarganegaraan anak yang lahir dalam perkawinan, me.ainkan juga meliputi kepemilikan asset dAn pewarisannya di Indonesia. Buku ini menjelaskan tentang berbagai alternatif solusi menurut hukum di Indonesia yang terkait dengan perkawinan campuran, dalam bahasa yang praktis dan mudah dicerna"


Datin Seri Utama Anggraini Bt Sentiyaki
President Persatuan Ikatan Wanita Malaysia – Indonesia (IKAWA)


"Praktik perbankan tidak aka lepas dari masalah kewarisan. Permasalahan biasanya baru timbul ketika ada seorang (calon) nasabah atau (calon) penjamin atau (calon) penjamin yang meninggal dunia. Bank terkadang merasa kesulitan untuk menentukan siapa yang berhak mengurus ataupun mewakili kepentingan si Nasabah/debitur/penjamin tersebut. Untuk itu Bank perlu mengetahui siapa saja ahli waris yang berwenang dan dokumen apa saja yang diperlukan untuk dapat memproses kredit/rekening debitur/nasabah atau jaminan yang terkait. Dengan demikian, tentunya buku ini sangat membantu dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi wajib para praktisi perbankan dana membuat opini legal yang berkaitan denga masalah tersebut"


IRDANURAPRIDA IDRIS, SH,MH - Dosen perbankan
corporate legal dan praktisi perbankan syariah PT.Bank Muamalat, Tbk, Sahabat penulis


"Saya bersahabat dengan Irma bersama 4 orang lainnya sejak Kami duduk di bangku sekolah dasar. Secara rutin kami hang out dan having fun tanpa pernah membicarakan masalah pekerjaan kami masing-masing. Suatu saat waktu Irma memberikan bukunya kepada kami, dan... ya ampuunn... buku2 nya Irma ternyata bisa menjawab hampir semua pertanyaan kami selama ini. Dari tentang hak dan kewajiban selama bertransaksi bisnis, pengembalian barang, bahkan sampai ke perhitungan waris dan hibah. Baca deh buku2 Irma. Semuanya disajikan dalam ahasan yang ringan, dan cocok buat kita2 yang tidak punya waktu banyak untuk membaca. Bahkan bisa dibaca untuk penganta tidur lho! ."


PUTRI ANDHIKA PROBOWATI, ST
Entrepreneur, ibu rumah tangga