Irma Devita Purnamasari,S.H., M.KN.


Selama belasan tahun bekecimpung sebagai praktisi hukum, Penulis memiliki pengalaman mendalam sejak usia muda. Selain sebagai praktisi, Alumni dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Program Spesialis Kenotariatan serta Magister Kenotariatan juga dari Universitas yang sama, selama delapan tahun terakhir ini juga aktif selaku pembicara, instruktur/trainer, dan pengajar lepas di berbagai instansi pemerintahan, lembaga kursus profesi, organisasi swasta asing dan nasional, perbankan nasional, lembaga pembiayaan syariah, dan sebagainya.


Tulisan-tulisan Irma dikelompokkan dalam beberapa buku yang sengaja dibuat secara berseri untuk memudahkan peminatnya langsung tertuju pada topik yang dibutuhkan.


Suswinarno, Ak., M.M.

Praktisi Akuntansi


Profesinya saat ini adalah sebagai Konsultan Bisnis dan Manajemen. Suswinarno adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jakarta dan Magister Manajemennya dengan konsentrasi bidang keuangan pada Magister Manajemen Universitas Gajahmada Yogyakarta. Selain pendidikan formal tersebut, Suswinarno juga beberapa kali mengikuti berbagai short course di bidang auditing, akuntansi dan keuangan serta pengukuran performa indikator di Australia dan Amerika Serikat.


Sempat bekerja selaku Auditor pemeriksa pada salah satu instansi pemerintah selama duapuluh tiga tahun, Suswinarno kini berprofesi sebagai instruktur/pembicara, trainer dan konsultan di bidang akuntasi keuangan di berbagai instansi swasta dan pemerintah serta lembaga kursus profesi dan lembaga swadaya pemerintah. Di antara pengalamannya mengajar, Suswinarno pernah berperan sebagai instruktur pelatihan tentang Penyusunan Dana Kampanye untuk beberapa partai politik di tahun 2008, instruktur pelatihan tentang Teknik Penyusunan APBN untuk anggota DPRD di berbagai daerah di tahun 2005-2007, konsultan Pengembangan Indikator Kinerja Pemerintah Daerah di tahun 2007, dan konsultan Aplikasi Rumah Sakit berbasis Web di tahun 2009 hingga sekarang.



Apresiasi buku


"... jelas uraiannya, komplet isinya, dan perlu bagi para praktisi ekonomi syariah untuk pegangan."


Iskandar Zulkarnain, S.E., M.Si.,
Pengusaha, Pendiri Bank Muamalat Indonesia


"Di tengah antuasiasme masyarakat akan perbankan syariah, buku ini memberikan pemahan yang mudah kepada para praktisi hukum untuk menjelaskan skema-skema ekonomi Islam dalam bingkai hukum dipadu dengan syariah Islam. Pengalaman para penulis sebagai praktisi hukum perbankan menjadi dasar penulis mengurai permasalahan ada secara sistematis dan mudah dimengerti."


Lukita T. Prakasa, Sh, Msi.,
praktisi syariah, Corporate Secretary dari BRI Syariah.


"Harus diakui secara jujur bahwa hingga hari ini masih banyak orang yang merasa skeptis terhadap konsep hukum ekonomi syariah di Indonesia. Keragu-raguan dan ketidakpercayaan tersebut umumnya disebabkan pemahaman yang minim atau setidak-tidaknya akibat pertimbangan ekonomis semata yang tidak cermat. Sesuai dengan judulnya, buku yang ditulis oleh Irma Devita ini mampu menjawab keraguan tersebut seraya memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dan sederhana mengenai perjanjian yang sesuai dengan konsep syariah (akad-akad syariah). Sebagai seorang praktisi hukum yang cukup berpengalaman, apa yang dituangkan di dalam buku ini tentu telah mengalami batu uji pengaplikasiannya secara riil di lapangan. Menariknya lagi, buku ini menguraikan bermacam bentuk variasi akad syariah, mulai dari jual beli, kerjasama, bagi hasil, sewa menyewa, Letter of Credit (L/C), bank garansi, hingga jual beli mata uang asing (sharf). Oleh karenanya, kepada siapa pun yang tertarik dengan konsep akad syariah, saya menganjurkan untuk membaca buku ini juga."


Pan Mohamad Faiz, S.H., M.C.L.
Staf Ketua Mahkamah Konstitusi RI


"Masalah-masalah hukum harus kita ketahui dan kenali, terutama buat orang awam seperti saya. Dan bila kita bukan seorang pakar hukum, hendaknya kita juga tidak buta hukum. Buku ini memberikan suatu nuansa baru bagi saya yang selama ini menganggap hukum itu pelik dan sulit dimengerti. Cara lugas Irma dalam memberikan penjelasan dan menguraikan kasus dalam buku ini sungguh tematik, lancar dan sangat menyenangkan untuk dipahami. Harapan saya, semoga akan lahir karya-karya lain dari Irma untuk bangsa ini."


dr. Tenriagi Malawat, MD.SpB
sahabat dan ahli bedah di Makassar

Keunggulan Buku ini

    Penulis:
  • • Berpengalaman dalam bidangnya selaku praktisi hukum dan praktisi keuangan yang berkaitan dengan perbankan.
  • • Biasa memberikan training tentang hukum praktis dan keuangan yang terkait di berbagai lembaga swasta dan pemerintah.
    Isi Buku

    Membahas menganai berbagai jenis transaksi syariah yang lazim berlaku di perbankan, dengan berbagai contoh aplikasi praktis dalam kasus2 sehari2, disertai dengan perhitungan yang memperbandingkan antara konsep syariah dengan konsep konvensional.


    Untuk memudahkan pemahaman pembaca, dalam buku ini juga disertai dengan skema pembiayaan syariah serta perbandingannya konsep syariah dengan konsep hokum positif yang berlaku di Indonesia; dengan garis besar materi yang membahas mengenai:


  • Asas dan Prinsip Akad Pembiayaan Syariah
  • Bentuk Akad Pada Perbankan Syariah
  • Klausula Umum Yang Ada Dalam Setiap Akad
  • Konsep-konsep Pembiayaan Syariah dalam praktik Perbankan
    • Konsep penghimpunan dana (Funding) untuk deposito, giro dan tabungan, yang meliputi: Wadi’ah dan mudharabah
    • Konsep Penyaluran dana (Financing), yang menggunakan prinsip murabahah, salam, istishna’, mudharabah, musyarakah, ijarah dan ijaran muntahiyah bittamlik
    • Konsep Jasa (Service), yang meliputi: rahn, hawalah, qardh, sharf, transaksi LC syariah dan transaksi kartu kredit syariah.
    Kemasan
  • Menarik karena atraktif: ada ilustrasi menarik
  • Pembahasan dilakukan dengan menggunakan bahasa sehari2 yang mudah di mengerti bahkan oleh pembaca yg tidak berlatar belakang hukum (pembaca awam) dan membahas kasus2 yang sering timbul di masyarakat.
  • Dilengkapi dengan Bonus CD yang berisikan Peraturan Perundang-undangan dan fatwa-fatwa Dewan Syariah Nasional serta peraturan dari Bank Indonesia (PBI) dan Surat Edarannya yang terkait dengan pembahasan Penulis dalam buku yang bersangkutan, sehingga pembaca tidak perlu kesulitan dalam mencari dasar hukum dalam setiap pembahasan.


Serial berikutnya:

Panduan Lengkap Hukum Praktis Populer Kiat-Kiat Cerdas, Mudah, dan Bijak Mengatasi Masalah HUKUM PERTANAHAN

Pada buku tersebut Penulis akan menguraikan berbagai masalah yang timbul dalam proses pemilikan hak atas tanah, baik itu melalui jual beli, hibah, pewarisan, inbreng dengan berbagai variasi kasus yang mungkin terjadi. Disamping itu penulis juga akan membahas mengenai bagaimana cara pensertifikatan hak atas tanah girik atau tanah lainnya, bagaimana mengurus sertifikat yang hilang ataupun bagaimana perolehan tanah oleh orang asing.


Panduan Lengkap Hukum Praktis Populer Kiat-Kiat Cerdas, Mudah, dan Bijak dalam Memahami AKAD-AKAD SYARIAH

Pada buku tersebut Penulis dengan berkolaborasi dengan Suswinarno, Ak, MM, (praktisi keuangan), akan mengajak pembaca untuk memahami akad-akad syariah yang terjadi dalam praktek, dengan memberikan penjelasan yang diikuti dengan perbandingan simulasi perhitungan antara pembiayaan secara syariah dengan pembiayaan secara konvensional. Penjelasan tersebut akan dilengkapi pula dengan tahapan-tahapan proses pelaksanaan akad, dengan memberikan tips-tips praktis bagi calon nasabah, pengacara ataupun praktisi hukum perbankan syariah dalam mencermati akad-akad syariah.


Panduan Lengkap Hukum Praktis Populer Kiat-Kiat Cerdas, Mudah, dan Bijak MEMBUAT KONTRAK.

Dalam buku tersebut Penulis akan mengajak pembaca untuk memahami setiap setiap kontrak yang berlaku dalam praktek di masyarakat dengan melihat esensi dari masing-masing kontrak tersebut. Penulis akan memberikan penjelasan mengenai teknik pemahaman dalam membaca suatu kontrak. Dalam buku tersebut akan dibahas secara tersendiri tentang kontrak-kontrak batubara, kontrak pengadaan barang dan jasa yang berlaku di lingkungan pemerintahan, kontrak jual beli, sewa menyewa serta kontrak-kontrak lain yang terkait.

Cuplikan Isi Buku Akad Syariah


Arief Budi, seorang pengusaha yang sukses di bidangnya memenangi tender untuk pengadaan 300 unit mobil di lingkungan Pertamina. Untuk melakukan pekerjaan tersebut, Arief Budi membutuhkan dukungan pembiayaan dari bank. Pertama-tama, dia mencoba membandingkan konsep pembiayaan dari bank konvensional dengan bank syariah.


Berikut yang Arief Budi dapatkan dari bank konvensional:


  • Arief Budi diberi skema pendanaan dalam bentuk Kredit Investasi atau Kredit Modal Kerja untuk jangka waktu selama 3 tahun. Karena peruntukan kredit tersebut adalah untuk membeli 300 unit mobil dalam rangka memenuhi tender Pertamina, dana yang diberikan oleh bank akan dicairkan sekaligus (setelah dikurangi bunga, provisi dan biaya-biaya lainnya). Sistem pembayaran yang dilakukan oleh Arief Budi adalah cicilan. Berarti pada bulan berikutnya, Arief Budi langsung mencicil tiap bulan.
  • Pada bank konvensional, Arief juga dapat memperoleh Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) atau melalui mekanisme sewa beli (leasing) untuk jangka waktu 3 tahun. Selama 3 tahun, Arief Budi membayar “uang sewa” kepada bank atau multifinance tersebut, dan pada akhir “masa sewa”, Arief Budi memiliki pilihan untuk menebus harga mobil tersebut dengan sejumlah nilai tertentu.

Sementara itu, dari bank syariah, Arief Budi diberi beberapa alternatif skema pembiayaan yang mungkin digunakan, yaitu:


  • Skema Mudharabah: Bank akan membiayai 100% kebutuhan biaya Arief Budi, dan selanjutnya bank akan bertindak selaku mitra Arief Budi dalam mengerjakan proyek dari Pertamina tersebut; atau
  • Skema Musyarakah : Modal 80% dari bank dan 20% dari Arief Budi sendiri, serta selanjutnya Arief Budi dan bank akan bermitra secara bersama-sama; atau
  • Skema Murabahah: Bank akan “membelikan” terlebih dahulu 300 unit mobil tersebut dari dealer. Selanjutnya, bank menjual kembali mobil-mobil itu kepada Arief Budi dengan menetapkan sejumlah margin tertentu dan Arief Budi membayarnya secara mencicil; atau
  • Skema Ijarah Muntahiyah Bi Tamlik (IMBT): Arief Budi “menyewa” mobil-mobil itu dari bank, dan pada akhir masa sewa, Arief Budi memiliki pilihan untuk “menebus” atau membeli mobil tersebut dari bank dengan nilai tebus tertentu.

Skema manakah yang paling sesuai? Dalam buku ini akan dibahas berbagai jenis skema pembiayaan dan pendanaan dari Bank Syariah, yang paling sesuai untuk menunjang bisnis dan usaha dari masyarakat. Di dalamnya akan dibuatkan suatu simulasi perhitungan untuk perbandingan antara skema pembiayaan dengan system syariah dan skema pembiayaan konvensional, sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami konsep syariah secara praktiknya. Untuk mempermudah pemahaman bagi para praktisi hukum yang mengalami kendala dalam mempelajari konsep syariah, dalam buku ini juga dibuatkan perbandingan antara konsep jual beli dan konsep sewa yang diatur dalam prinsip syariah dengan konsep jual beli dan sewa menyewa yang diatur dalam hukum positif.


Untuk detailnya, silahkan membacanya di buku KIAT CERDAS, MUDAH DAN BIJAK DALAM MENGATASI AKAD SYARIAH.

Selamat membaca!

    Buku Akad Syariah bisa didapatkan di toko buku online terkemuka dibawah ini :